Pesan Cinta Dari Cambodia – New Hope

Tahun lalu, aku mendapatkan sebuah kesempatan untuk mengunjungi Cambodia, sebuah negara yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk aku kunjungi, namun karena aku mendapatkan sebuah kesempatan bersama teman-teman remaja dari Youth ACATA yang anggotanya terdiri dari beberapa negara seperti Indonesia, Cambodia, Thailand dan Vietnam.

Cambodia merupakan negara di Asia yang cukup tertinggal menurutku, seperti pertubuhan ekonomi yang tidak semaju negara kita Indonesia, kembali lagi bahwa pada tulisan ini aku tidak bermaksud untuk membandingkan sebuah negara dengan negara lainnya, karena setiap negara pasti memiliki keunikan serta perjuangan yang berbeda-beda terutama dalam membangun kesejahteraan rakyatnya.

Kali pertama aku menginjakkan kaki disana, aku merasa bahwa negara ini seperti duplikasi dari negara tetangganya, yaitu Thailand, seperti tata letak kota, budaya serta bahasa, meskipun berbeda tetapi ada banyak sekali kemiripan. Ada satu hal unik sepanjang perjalananku disana, sebuah transportasi yang sangat popular di Thailand yaitu tuk-tuk, dan Cambodia juga memilikinya bahkan dengan nama yang sangat jelas sama.

Cambodia adalah negara yang memberlakukan 2 mata uang sebagai alat transaksi jual beli, seperti USD dan mata uang asli negaranya “Rieal Cambodia”, sehingga asumsiku mungkin hal tersebut mempengaruhi lambatnya laju ekonomi di negara ini.

Di Cambodia aku memiliki kesempatan untuk mengunjungi sebuah panti asuhan bernama New Hope yang terletak di kota Phnom Penh, panti asuhan ini kabarnya sudah berlangsung cukup lama.

Panti asuhan ini sangat jauh dari hotel tempatku menginap, namun terasa dekat ketika aku tersadarkan akan sebuah cerita yang cukup mengiris perasaan, karena ini adalah panti asuhan yang dikhususkan bagi anak-anak yang hidup dengan HIV serta tidak memiliki keluarga yang merawatnya.

Disana ada banyak sekali anak-anak, balita hingga remaja, tersedia beberapa kamar untuk mereka menetap, dan juga beberapa ruang kelas untuk mereka belajar, karena selain sebagai tempat tinggal, panti ini juga merupakan tempat perawatan dan sekolah bagi setiap orang yang membutuhkannya.

Aku cukup terkejut, ketika aku turun dari mobil ada seorang anak laki-laki yang datang menghampiri, mengucapkan selamat datang dan menggenggam tanganku sambil berkata, maukah kamu mengadopsiku? Aku terdiam dan benar-benar tidak bisa berkata apa-apa, ingin rasanya aku membawa dia, setidaknya untuk berkontribusi dalam membahagiakan hidupnya, namun aku tau bahwa hal ini tentu sangatlah tidak mudah, jadi hanya dengan cara ini aku berharap bisa sedikit membantunya.

Dalam beberapa jam aku berupaya untuk berbaur bersama mereka, mengunjungi setiap ruang yang menjadi saksi setiap aktivitasnya setiap hari, kami makan siang dan melakukan olahraga bersama, setidaknya aku berusaha untuk membahagiakan mereka dengan keberadaanku disana untuk sementara.

Dengan melihat hidup mereka, aku tidak ingin mengucap syukur atas hidupku yang sedikit lebih baik, justru aku merasa sedih dan berpikir bagaimana caranya suatu saat aku dapat membantu mereka, ingin rasanya aku kembali suatu hari nanti, setidaknya aku ingin berbagi kebahagiaan bersama mereka lagi, dan aku juga sangat berterima kasih kepada Bapak John beserta istrinya Ibu Kathy yang telah berbuat kebaikan untuk mereka semua sejak 18 tahun yang lalu, semoga kebaikan ini dapat selalu berkelanjutan, dan aku berterima kasih atas pesan cinta serta pembelajaran berharga ini, bahwa kelak aku ingin menjadi orang baik seperti mereka berdua, berontribusi tidak hanya melalui cerita, tetapi juga aksi nyata dalam membuat hidup banyak manusia menjadi lebih baik.

Aku juga ingin mengajak sahabat semua untuk melakukan kebaikan untuk mereka, sahabat bisa memberikan sedikit bantuan baik berupa donasi ataupun keahlian yang sahabat miliki, seperti menjadi relawan, guru disekolah, pelatih olahraga ataupun keahlian lainnya yang ingin sahabat bagikan disana, untuk sahabat yang ingin tau lebih lanjut mengenai panti ini, sahabat silahkan mengunjungi website panti asuhan New Hope Disini.

Satu tanggapan untuk “Pesan Cinta Dari Cambodia – New Hope

Tinggalkan Balasan