Hari Nol Diskriminasi

Zero Discrimination Day atau di Indonesia biasanya dikenal dengan sebutan Hari Nol Diskriminasi adalah sebuah kesempatan untuk bergabung bersama dan menyuarakan hak setiap orang untuk menjalani kehidupan secara penuh dan produktif dengan martabat yang melindungi manusia di bumi ibu pertiwi. Merangkul setiap keragaman yang ada di sekitar kita, mengerti dan menerima perbedaan semua orang, membuka pikiran dan rasa hormat dan saling mendukung satu sama lain.

Setiap orang memiliki banyak perbedaan, dimulai dari hal yang tampak pada tubuh dan juga tidak tampak seperti perilaku, perasaan dan cara berpikir. Setiap orang juga memiliki beragam bakat dan keterampilan yang bisa memperkaya dan memperkuat masyarakat. Menyambut dan merangkul keragaman dalam segala bentuknya tentu akan memperkuat kohesi sosial dan membawa manfaat yang sangat berharga didalam kehidupan. Dengan bergabung pada hati dan suara, individu dan masyarakat dapat mengubah dunia.

Hari Nol Diskriminasi adalah kesempatan untuk menyoroti bagaimana setiap orang dapat menjadi bagian dari transformasi dan menonjol untuk masyarakat yang adil. Maka akan ada banyak sekali tuntutan yang berbeda dalam upaya kedamaian dunia tanpa diskriminasi dan saling membenci satu sama lain. Seperti apa yang aku harapkan secara pribadi pada hari ini adalah “menghapuskan diskriminasi terhadap semua orang dalam segala bentuk, rasial, kelas sosial, orientasi seksual, ekspresi gender, agama atau kepercayaan, difable, ODHA, baik dalam mengakses pendidikan, akses informasi termasuk informasi Hak Kesehatan Seksual & Reproduksi, pekerjaan, pelayanan kesehatan, maupun melalui kurikulum pendidikan dan sosialisasi yang mencakup hak-hak setiap manusia dan berkeadilan.

Hari Nol Diskriminasi karena semua orang berhak bahagia

Tinggalkan Balasan